5 Langkah Ajari Anak agar Pandai Menulis dengan Cepat

5 Langkah Ajari Anak agar Pandai Menulis dengan Cepat

Kecerdasan anak tidak hanya terbentuk dari asupan gizi yang terpenuhi tetapi juga pola didik yang diajarkan oleh orang tuanya. Anda memiliki peran penting untuk setiap pertumbuhan dan perkembangan bayi. Salah satunya kemampuan anak dalam menulis. Penting untuk Anda belajar parenting ini agar anak bisa pandai menulis dengan cepat.

  1. Ajari Menggunakan Pensil

Sediakan perlengkapan yang dibutuhkan dalam belajar menulis, minimal ada pensil dan kertas. Ajari anak Anda untuk memegang pensil dengan benar. Pastikan terlebih dahulu anak telah merasa nyaman untuk memegang pensilnya. Setelahnya mulailah dengan mengajari anak untuk menuliskan satu demi satu huruf atau angka.

Pada tahap ini lakukan kegiatan belajar menulis ini dengan menyenangkan. Gunakan buku dengan warna-warni atau pun bergambar yang membuat anak tertarik. Cukup lakukan secara perlahan untuk menciptakan kegiatan menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan.

  1. Menggunakan Permainan

Dalam proses belajarnya, Anda perlu belajar parenting untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan. Cara yang bisa dilakukan dengan menggunakan metode permainan. Anda bisa menggunakan cara menulis dengan permainan puzzle. Caranya dengan membuat potongan-potongan garis yang membentuk huruf atau angka.

Mintalah anak untuk menyambungnya hingga menjadi angka. Berikan hadiah atau pujian setiap kali anak bisa melakukannya. Anda bisa pula menggunakan buku yang sudah menyediakan huruf atau angka dalam bentuk puzzle sehingga lebih memudahkan.

  1. Ganti Suasana

Anda harus mampu menciptakan suasana baru untuk membuat anak merasa nyaman dalam belajar menulis. Anda bisa membawanya ke pantai misalnya dengan belajar menulis di pasir. Bisa juga dengan membawanya ke taman dan belajar menulis di sana.

  1. Lakukan secara Rutin

Selama proses belajar perlu dilakukannya kegiatan tersebut secara rutin tujuannya untuk membuat anak menjadi terbiasa. Proses latihan yang terus menerus akan memberikan perkembangan yang lebih cepat kepada anak Anda. Jangan paksa anak selama proses berlangsung biarkan anak menginginkan belajar menulis tanpa adanya paksaan.

  1. Latihan Otot Tangan

Seperti proses belajar berjalan, otot kaki anak harus kuat agar bisa menggerakkannya dengan baik. Begitu juga dalam menulis kondisi otot tangan anak harus dalam keadaan yang kuat sehingga bisa memegang pensil dengan baik. Lakukan latihan otot tangan anak dengan menggerakkannya sejak kecil agar terlatih.

Latihan terus dengan memberikan anak pensil dan memberikannya kebebasan untuk menuliskan apa pun yang diinginkannya. Anda hanya perlu memantau caranya memagang pensil sudah dilakukan dengan benar atau belum.

Proses belajar apa pun yang dilakukan pada anak memerlukan pemahaman yang baik agar bisa mengajarkannya secara tepat. Anda perlu belajar parenting anak agar memahami setiap proses yang harus dilakukan. Ingatlah, perkembangan dan pertumbuhan anak dipengaruhi oleh cara Anda membentuknya dengan optimal dan secara rutin.

shares